A. LATAR BELAKANG
SD Negeri 4 Gunungwuled berfokus pada pemenuhan kebutuhan peserta didik dengan mengembangkan kompetensi dalam perubahan kehidupan abad ke-21 yang memuat karakterstik SD Negeri 4 Gunungwuled yang berlokasi di daerah pegunungan, dengan alamat Jalan Raya Pentul – Gunungwuled KM 4 Dusun Pentul Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Letak sekolah satu lokasi dengan SMP 3 Satap Rembang dan TK Satap 4 Gunungwuled. Jalan menuju sekolah berupa jalan aspal yang berkelok kelok, menanjak, dan menurun. Tepatnya di tengah-tengah antara dusun pentul atas, pentul bawah, dan dusun karanganyar dekat dengan perbatasan Kabupaten Banjarnegara.
Kehidupan masyarakat di sekitar sekolah mayoritas petani. Sebagian petani nira/gula, buruh tani bagi yang tidak memiliki lahan pertanian sendiri, pedagang kecil, pengrajin, merantau, dan ada satu keluarga yang termasuk pendidik di SD Negeri 4 Gunungwuled. Kekhasan tradisi yang cukup kuat di sekolah/daerah adalah bersih makam nyadran dan Surahan, kerja bakti membersihkan jalan/lingkungan sekitar setiap hari Jumat pagi sebulan sekali, sorogan, sarahan, brengkolangan, dan pengajian setiap hari Selasa di Masjid.
SD Negeri 4 Gunungwuled juga menjalin kemitraan/kerjasama dengan komite sekolah dalam rangka pemenuhan sarana prasarana sekolah, pemerintahan desa, RW, kadus kaiatannya dengan kegiatan peringatan hari hari besar nasional maupaun hari hari besar keagamaan, kerja bakti, dan penangualangan covid-19 seperti penyemprotan desinvektan. Puskesmas dalam rangka kegiatan bias, pemeriksaan gigi, telinga, dan mulut, penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pencegahan covid-19 dengan kegiatan vaksinasi di sekolah. BRI penyaluran dana PIP, dan Koperasi Guru Megar. BKK dalam rangka kegiatan tabungan siswa.
SD Negeri 4 Gunungwuled memiliki tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak 10 orang yaitu 3 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Secara rinci terdiri dari 1 kepala sekolah, 6 guru kelas, 2 guru mapel, 1 petugas perpus dan 1 penjaga. 5 guru berstatus PNS, 1 guru ASN P3K, 3 guru wiyata bakti, 1 petugas perpus dan 1 penjaga berstatus Wiyata Bakti. Latar belakang Pendidikan guru S1, sedangkan petugas perpus D3 dan penjaga berpendidikan SMA. Peserta didik berasal dari 3 pedukuhan dari 1 desa yaitu Dukuh Pentul Atas, Dukuh Pentul Bawah, dan Dukuh Karanganyar. Demikian juga orang tua peserta didik berasal dari 3 pedukuhan, dengan mata pencaharian yang berbeda-beda, pada umumnya. bertani, berdagang, buruh, dan merantau. Selain itu, minat bakat peserta didik juga yang sangat beragam. Maka dalam penyusunan Kurikulum Operasional, karakteristik peserta didik dengan segala latar belakangnya menjadi satu pertimbangan utama agar menjadi pendidikan yang berkeadilan dalam kebhinekaan.
Sarana dan prasarana yang ada di SD Negeri 4 Gunungwuled terdiri dari 6 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 laboratoruim TIK, 1 UKS, dan 1 Jamban. Terdapat halaman sekolah yang difungsikan sebagai lapangan upacara sarana olaraga. Untuk kegiatan projek penguatan pelajar Pancasila disediakan kebun mini untuk aktivitas peserta didik. Jaringan internet diperkuat sehingga mendukung digitalisasi sekolah.
Sumber pembiayaan kegiatan di SD Negeri 4 Gunungwuled dari Bantuan Operasional Satuan Pendidikan, sebagai pelaksana Program Sekolah penggerak mendapat bantuan berupa BOS Kinerja PSP, dalam pemenuhan dan perbaikan Sarana Prasarana sekolah bendapat sumbangan dari Wali Siswa baik berupa materil maupun non materil.
Tujuan akhir capaian pembelajaran SD Negeri 4 Gunungwuled adalah Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila secara umum adalah untuk membentuk karakter peserta didik untuk menumbuhkan iman, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong, dan kreatif dengan mengakomodir keragaman tersebut.
B. VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
1. Visi
Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan di antaranya adalah perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan tuntutan pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka pada kelas I, II, IV, V serta Kurikulum 2013 untuk kelas III dan VI meskipun di sekolah diberlakukan 2 (dua kurikulum sekaligus yaitu Kurikulum Program KURIKULUM MERDEKA dan kurikulum 2013) namun ada persamaan keduanya merupakan Kurikulum yang dikembangkan sekolah secara mandiri yang pada penyusunannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon berbagai tantangan sekaligus peluang itu. SD Negeri 4 Gunungwuled memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam visi sekolah berikut:
“Terwujudnya peserta didik berakhlak mulia, berkompeten, berprestasi berlandaskan iman dan takwa “
Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai variabelnya antara lain:
1. Berakhlak mulia, peserta didik memiliki sikap dan berperilaku yang baik dengan mewujudkannya dalam akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.
2. Berkompeten, merupakan peserta didik yang mempunyai kemampuan dasar mahir dalam aspek literasi dan numerasinya.
3. Berprestasi, kemampuan seluruh warga sekolah memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan keadaan masa kini dan mempersiapkan masa depan.
4. Beriman dan bertakwa, tertanamnya rasa keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai wujud dari insan Pendidikan yang beragama
2. Misi
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri 4 Gunungwuled menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:
1. Menciptakan pendidikan berkarakter yang dilandasi iman dan takwa melalui peningkatan nilai-nilai ibadah serta pembinaan keagamaan.
2. Menciptakan sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan serta ramah anak
3. Menanamkan rasa peduli terhadap teman dan lingkungan, peka terhadap situasi dan kondisi serta cinta terhadap tanah air dan bangsa
4. Menumbuhkan minat gemar membaca menulis dan berhitung melalui pembelajaran yang menarik serta pembiasaan literasi sekolah
5. Menjamin tersedianya sarana dan prasarana untuk kelancaran pembelajaran
6. Mengembangkan bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kegiatan projek
7. Menciptakan karya inovasi dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada di lingkungan sekitar.
8. Berpasrtisipasi aktif dalam mengikuti perlombaan sebagai wahana pendidikan.
9. Menanamkan nilai-nilai keagamaan serta menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran beragama misalnya berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, melakukan pembiasaan keagamaan, memperingati hari besar keagamaan.
3. Tujuan
Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri 4 Gunungwuled dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
Jangka panjang | Jangka menengah | Jangka pendek |
Membudayakan sikap jujur, rajin, sopan, disiplin, dan bertanggungjawab dalam kehidupan sehari – hari. | Merancang pembelajaran serta pembiasaan | Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu dalam mengikuti kegiatan sekolah. |
Menanamkan rasa peduli terhadap teman dan lingkungan, peka terhadap situasi dan kondisi serta cinta terhadap tanah air dan bangsa | Merancang kegiatan peduli terhadap teman dan lingkungan alam sekitar, Membuat tata tertib sekolah. | Membentuk peserta didik ang peduli terhadap teman dengan menjenguk teman yang sakit. Membiasakan peserta didik untuk membuang sampah di tempat sampah. Melaksanakan rutinitas upacara bendera. |
Membudayakan gemar membaca | Merancang Pembelajaran yang menarik untuk | Meningkatkan kemampuan siswa pada |
menulis dan berhitung melalui pembelajaran yang menarik, program pojok baca, pembiasaan sebelum masuk dan keluar kelas, serta papan karya siswa. | meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung siswa. Membuat pojok baca dan papan karya siswa yang representative disetiap kelas. Merancang pembiasaan literasi dan numerasi | aspek literasi dan numerasi sesuai dengan tingkatan kelas. Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah untuk proses pembelajaran. Melaksanakan kegiatan pembiasaan literasi dan numerasi. |
Mengembangkan bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kegiatan projek. | Meracang pembelajaran yang berdeferensiasi. Membuat program ekstrakulikuler berdasarkan analisis SWOT | Melaksanakan pembelajaran dengan pencapaian student wellbeing. Menggali bakat minta siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler. Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila melalui P5 |
Menciptakan karya inovasi dengan memanfaatkan | Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan | Merancang pembelajaran |
Berpasrtisipasi aktif dalam mengikuti perlombaan sebagai wahana Pendidikan. | Membuat perencanaan program lomba lomba yang akan diikuti. | Melaksanaan bimbingan dan pelatihan kepada siswa dalam mengikuti perlombaan. |
Menanamkan nilai-nilai keagamaan serta menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran beragama misalnya berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, melakukan pembiasaan keagamaan, memperingati hari besar keagamaan | Merancang pembelajaran yang mengarahkan pada nilai-nilai keagamaan. | Mengoptimalkan sarana |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar